Assalamu'alaikum MTers

My photo
Selamat datang di Moslem Teen Box a.k.a MTBox.. Di sini, kita akan berbagi informasi tentang kegiatan2 dan ngebahas topik2 yang lagi hangat dibicarakan tentang dunia islam dan dunia islam pada remaja khususnya... gak ketinggalan juga, kita bisa sharing liputan acara2 yang up to date n tetap dlm koridor keislaman... So?? kata siapa remaja islam itu kuper?? Yuk.. kita tunjukkan klo remaja muslim itu Eksis dunia akhirat... We can to be Exist Moslem Teen with Moslem Teen Box.. ^_^

Monday 8 February 2010

Masjid ALatief, Kemewahan yang Bersahaja

Masjid ALatief, Kemewahan yang Bersahaja



Pusat perbelanjaan sepertinya akan semakin mengalami penambahan fungsi. Ia tak hanya menjadi salah satu pilar ekonomi negara melalui kegiatan transaksi. Perputaran uang dan reproduksi gaya hidup terus terjadi. Kecenderungan pada beberapa tahun terakhir memperlihatkan bahwa banyak pusat perbelanjaan besar di ibukota mulai memperhatikan aspek spiritualitas melalui pengadaan tempat peribadatan yang lebih dari layak, terutama bagi umat Muslim. Kita dapat menemukan dengan mudah masjid/mushala di pusat pertokoan. Masjid/mushala sebagai tempat yang sangat intim dan personal kemudian diletakkan di tengah ruang publik seperti pusat perbelanjaan. Sebuah bentuk penegasan bahwa masjid memang akan selalu mampu mengikuti derap zaman, bahkan menyatu dalam iramanya.

next_1_ed29

Masjid memang semestinya menjadi ruang yang terbuka untuk siapa saja. Ia diharapkan menjadi


episentrum baginext_2_ed29 pergerakan aktivitas masyarakat di sekitarnya. Ruang-ruang dialog dan toleransi lebih terbuka. Bahkan umat Nasrani di San Francisco menawarkan kaum Muslim di sana untuk menggunakan sebuah aula salah satu gereja sebagai tempat shalat Jumat. Dari sini, kelak benih-benih masyarakat madani tumbuh dan berkecambah, memberi warna dan makna.

Pasaraya Grande adalah salah satu pusat perbelanjaan dan gaya hidup yang telah lama hadir di tengah-tengah masyarakat Jakarta. Di tengah krisis global, persaingan bebas dan hadirnya pusat-pusat perbelanjaan baru di ibukota, Pasaraya terus bertahan dan meningkatkan kualitas. Salah satu bukti peningkatan kualitas itu ditandai dengan keberadaan Masjid ALatief. Masjid yang diresmikan pada Januari 2009 ini adalah masjid terbesar dan termegah yang menyatu dengan pusat pertokoan di ibukota. Penamaan masjid ini diambil dari nama salah satu pengusaha besar Indonesia yang sekaligus pendiri Pasaraya, yakni Abdul Latief. Masjid ini menawarkan kenyamanan yang maksimal dan pengalaman spiritual yang dalam bagi siapa saja.

Kekuatan estetis Masjid ALatief terletak pada konsep interior dan pencahayaan yang sangat baik. Ruang yang lapang itu, yang barangkali dulunya adalah bagian dari gerai pertokoan, mampu direkonstruksi menjadi masjid yang indah. Siapapun akan merasa seolah tidak sedang berada di dalam pertokoan yang padat seperti Pasaraya Grande ketika memasuki masjid ini. “Subhanallah, saya sangat gembira atas keberadaan masjid ini” ucap Mira, salah satu jamaah yang kebetulan tengah menghadiri Reboan, kajian rutin hari Rabu di Masjid ALatief. Nuansa merah marun dan kuning keemasan menjadi ciri khas masjid ini. Warna merah itu terdapat pada karpet tebal yang terhampar menutupi seluruh permukaan lantai masjid dan nuansa kuning keemasan pada detail huruf kaligrafi. Tiga pintu utama menghubungkan ruang penitipan sepatu yang luas dengan masjid. Ketiga pintu itu terbuat dari kaca dengan aksentuasi lampu pada seluruh sisinya.

next_5_ed29 Elemen utama masjid yang menonjol adalah sebuah cekungan yang sangat lebar tepat di tengah langit-langit masjid. Cekungan ini membuat Masjid ALatief seolah memiliki kubah. Sebuah lampu kristal berukuran besar menggantung tepat di tengahnya. Komposisi bidang dan ruang yang proporsional berhasil membuat masjid ini terasa sangat lapang. Kaligrafi petikan-petikan ayat al-Qur’an menjadi ornamen yang dominan. Di bagian depan masjid terdapat sembilan buah kaligrafi yang tertulis pada sebuah bidang besar yang menyatu dengan dinding. Cahaya redup keemasan yang terdapat pada bidang luar seolah membingkai kaligrafi itu.

Masjid ALatief berada di ketinggian lantai lima sehingga dari balik kaca yang menjadi dinding pada bagian kiri masjidnext_4_ed291 kita dapat melihat pemandangan landscape kawasan Blok M yang padat. Udara begitu sejuk dan nyaman. Al-Qur’an tersusun melingkar di atas meja yang terdapat di bawah pilar-pilar masjid. Tempat shalat bagi perempuan dipisahkan oleh hijab rendah berwarna merah. Masjid ALatief mampu menampung 1.000 hingga 1.500 jamaah. Kapasitas sebesar itu ditunjang pula oleh ruang wudhu yang sangat luas. Terdapat puluhan titik keran air wudhu dan urinoir. Kaca-kaca memenuhi ruang penghubung antara tempat wudhu dan ruang shalat. Seluruh lantai ruang penghubung ini dilapisi oleh semacam handuk berwarna putih untuk mengeringkan telapak kaki kita sebelum menginjak ke dalam masjid.

Dengan segala kelebihan dan kemewahan yang dimilikinya, juga dengan segenap optimisme, tentunya kita berharap bahwa Masjid ALatief dapat memberikan kontribusinya bagi masyarakat. Masjid ALatief Pasaraya Grande juga sepertinya sangat tepat untuk menjadi salah satu masjid yang harus disinggahi Friday Readers. Di tengah-tengah kesibukan rutinitas kerja maupun di sela-sela waktu luang akhir pekan, Masjid ALatief akan tetap memberikan pengalaman spiritual tersendiri. « [ibnu]

Box
Mengaji di Mal
Sekretariat pengurus Masjid ALatief telah menyiapkan berbagai agenda kajian dan ceramah-ceramah rutin yang sangat menarik setiap pekan. Jamaah tak hanya akan mendapat materi seputar tafsir dan perkara-perkara keimanan namun lebih dari itu, kajian rutin Masjid ALatief telah mengagendakan tema-tema spesifik dan aktual untuk setiap sesi. Seperti kajian ekonomi Islam bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri serta kajian perempuan bekerjasama dengan Universitas Indonesia. Dengan ustadz-ustadz dan pembicara yang kompeten, kajian rutin Masjid ALatief mampu menjawab dahaga spiritual serta intelektual Friday Readers sebagai seorang Muslim, secara gratis tentunya. Masjid ALatief juga terbuka bagi pihak mana pun untuk mengadakan kegiatankegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. «

Box
Masjid ALatief
Pasaraya Grande, Gedung A, lantai 5
Jl. Iskandarsyah II, No. 2, Blok M – Kebayoran Baru – Jakarta Selatan



Sumber : http://alifmagz.com/2009/08/06/masjid-alatief-kemewahan-yang-bersahaja/

No comments:

Post a Comment